YUK DAPATKAN PROMO RAPID ANTIGEN BULAN APRIL **PelitaNews** JAGA DIRI DAN KELUARGA DARI COVID 19 DENGAN MELAKUKAN 3M **PelitaNews** MAU TAU BUAH APA SAJA YANG MENGGANGU KERJA OBAT SAAT DIMAKAN BERSAMAAN? **PelitaNews**

Senin, 17 Juli 2017

PAP SMEAR, IBU-IBU MAU DIAPAKAN ??

Salam C.E.R.D.I.K,

Di sini ada ibu-ibu yang bersemangat ingin melakukan tes PAP Smear ? 
Ada ya ? 
Sudah tahu ibu mau diapakan saat tes PAP Smear dilakukan ?

Sepertinya ada yang geleng-geleng ya.

Mari ibu-ibu, kita memahami sekelumit pemeriksaan PAP Smear ini ya.

PAP Smear Itu Tes Tentang Apa ?

Ibu-ibu, tes PAP Smear adalah prosedur pemeriksaan sederhana dengan tujuan untuk menemukan perubahan bentuk (morfologis) dari sel-sel leher rahim. Tujuannya untuk melihat tanda awal perubahan menuju kanker. Jika ditemukan ada perubahan, maka berikutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Jadi, ingat ya ibu-ibu. PAP Smear mendeteksi PERUBAHAN. Artinya, belum tentu perubahan itu adalah kanker. Umumnya perubahan sel leher rahim itu tidak disebabkan oleh kanker, bahkan tanpa pengobatan dapat membaik.

Lalu Apa Yang Akan Dilakukan Kepada Ibu-Ibu ?

Pertama-tama,
Ibu akan diminta tolong melepaskan celana (dan celana dalam), karena akan memeriksa bagian dalam jalan lahir.
Ibu – ibu ada yang melahirkan normal ? Pasti tahu ya posisi melahirkan secara umum.
Ibu akan diminta untuk berbaring di meja pemeriksaan dalam posisi litotomy (posisi melahirkan normal)
Hasil gambar untuk litotomi position

Kedua,
Pemeriksa akan menggunakan alat (spekulum) untuk memudahkan pemeriksaan dalam jalan lahir. Alatnya bisa dilihat di gambar bawah ya. Gunanya untuk mempermudah mengambil bagian sel leher rahim. Umumnya, dirasakan tidak nyaman bagi sebagian ibu-ibu saat alat spekulum ini dimasukan.

Hasil gambar untuk speculum

Ketiga,
Setelah leher rahim terlihat dengan baik, maka Pemeriksan akan mengambil sedikit bagian luar leher rahim (istilahnya mengambil sampel). Hanya di swab/diseka dengan alat. Alat yang umum dipakai dapat dilihat di gambar bawah ya. Umumnya tidak terasa menyakitkan, bahkan tidak terasa sama sekali.
Setelah dilakukan swab bagian luar rahim maka spekulum dilepas dan ibu bisa kembali beraktivitas lagi.

Hasil gambar untuk pap smear
Bagian yang diambil tersebut akan dioleskan pada kaca pemeriksaan lalu akan dilakuka pemeriksaan oleh dokter ahli (Dokter Patologi Anatomi).  Lamanya pemeriksaan bervariasi, tergantung kapan sampel dikirim,  berapa banyak sampel yang diperiksa, dan sibuk tidaknya dokter pemeriksa.

Lama waktu pengerjaan PAP Smear ini tidak sampai 10 menit. Tergantung ketenangan ibu-ibu juga. Jika ibu tenang, maka pemeriksaan dapat dilakukan dengan cepat. Ingat, tiap tahapnya memerlukan dukungan dan kerja sama yang baik dari pemeriksa maupun ibu-ibu.

Hasil gambar untuk happy woman face
Oke Ibu-Ibu, selamat memeriksakan diri ya. Selalu sehat dan semakin cantik luar dalam =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut Anda ?